Kepindahan Mykhaylo Mudryk ke Arsenal akan Pecahkan Dua Rekor Transfer Sekaligus


 Kepindahan Mykhaylo Mudryk ke Arsenal akan Pecahkan Dua Rekor Transfer Sekaligus

Arsenal masih terus mengupayakan mendatangkan Mykhaylo Mudryk dari Shaktar Donetsk. Tawaran kedua siap diberikan lagi secara resmi.

The Gunners sendiri telah melayangkan tawaran resmi pertama pada akhir Desember 2022 lalu. Uang tunai sebesar 40 juta Euro ditambah 20 juta Euro sebagai add-ons ditolak oleh Donetsk.

Klub asal Ukraina tersebut diketahui masih ingin lebih. Arsenal pun dilaporkan akan segera menaikkan angkanya pada tawaran kedua.

Walaupun belum diketahui berapa total tawaran kedua yang disiapkan, Transfermarkt meyakini biaya transfer tersebut akan memecahkan dua rekor transfer sekaligus. Satunya milik Fred, satunya lagi milik Andriy Shevchenko.

Rekor Transfer Fred

Penjualan termahal yang pernah dilakukan Donetsk terjadi pada 2018 lalu. Ketika itu, Donetsk menjual Fred kepada Manchester United.

Gelandang asal Brasil tersebut memang sudah cukup lama membela Donetsk. Fred tiba pada 2013 dari Internacional atau lima tahun berkompetisi di Ukraina.

Pemain yang kini berusia 29 tahun itu pernah dijual seharga 59 juta Euro. Hingga kini, Fred masih berstatus sebagai pemain Man United dan kontraknya baru akan habis pada 2024 mendatang.

Rekor Transfer Shevchenko

Satu lagi rekor transfer yang bakal dipecahkan Mudryk, jika jadi pindah ke Arsenal adalah rekor transfer milik Shevchenko. Penyerang legendaris itu masih tercatat sebagai pemain Ukraina termahal.

Rekor tersebut diukirnya pada tahun 2006 lalu. Shevchenko dijual oleh AC Milan ke Chelsea dengan biaya 43,9 juta Euro.

Sayangnya, nasibnya tidak berjalan baik. Chelsea bahkan meminjamkan sang pemain lagi ke Milan pada 2008. Shevchenko kemudian memutuskan gantung sepatu pada 2012 dengan menamatkan karier profesionalnya di Dynamo Kiev, klub profesional pertamanya.

Potensi Harga

Donetsk sejak awal menetapkan harga tinggi untuk Mudryk. General Manager Shaktar Donetsk, Carlo Nicolini menyebutkan akan menghargai Mudryk lebih mahal daripada kepindahan Antony ke Manchester United.

“Kami tidak akan melepasnya untuk 50 juta Euro. Kami bahkan tidak akan memanggil presiden dengan tawaran hanya segitu,” kata dia beberapa minggu lalu.

“Kami menghargai Mudryk lebih tinggi daripada Antony yang pindah ke Manchester United seharga 100 juta Euro,” tambahnya.

Posting Komentar

0 Komentar